7 TANAMAN YANG COCOK DITANAM SAAT MUSIM KEMARAU

Saat musim kemarau, banyak petani yang beralih tanam dari padi ke tanaman lainnya. Nah ada beberapa tanaman nih selain palawija yang bisa ditanam. Apa saja itu ?
1. Mentimun
Mentimun mudah sekali hidup dimana saja. Meskipun buahnya memiliki kadar air tinggi, tetapi sebenarnya tanaman ini tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh dan berbuah lebat.

2. Singkong
Kerabat karsa bisa menanam singkong dimanapun dan kapanpun, cukup dengan menanam batangnya saja singkong akan tumbuh dengan sendirinya.
3. Ubi
Dengan kandungan air yang rendah, kerabat karsa bisa menanam di musim apapun. Terlebih jika dirawat dengan baik hasilnya pun juga akan melimpah.
4. Oyong
Oyong bisa ditanam dari musim hujan sampai kemarau.
5. Kacang Panjang
Ketika ladang sudah kering biasanya para petani akan menanam kacang panjang. Termasuk ke dalam tanaman merambat, pemeliharaan kacang pannjang tidak terlalu sulit.
6. Kedelai
Tanaman kacang kedelai bisa ditanam di daerah yang kering. Dengan perawatan yang benar maka hasil panenpun bisa maksimal.
7. Jewawut
Pernahkah kerabat karsa mendengar jewawut ? Jewawut itu tanaman berbiji kecil yang bisa menjadi makanan pokok pengganti nasi. Jewawut banyak ditanam di daerah Sumba. Masa tanam jewawut 3-4 bulan dan dapat tumbuh baik di berbagai jenis tanah hingga tanah miskin unsur hara.

Artikel Terkait

7 TANAMAN YANG COCOK DITANAM SAAT MUSIM KEMARAU
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email