TUJUH MANFAAT LAIN DARI BERAS

1. Agar Garam tidak cepat lembap dan berair
Garam merupakan senyawa yang mudah menyerap air. Penyimpanan yang tepat dengan menambahkan beras ke tempat garam dapat membuat garam tidak cepat lembap dan berair.

2. Mencegah peralatan berkarat
Peralatan dapat dicegah dari karat dengan cara menambahkan beberapa genggam beras ke dalam kotak peralatan. Hal ini akan membuat peralatan besi seperti paku, kunci pas, skrup dll yang beresiko terkena karat karena terpapar udara lembab akan menjadi lebih tahan terhadap karat.

3. Mengetes tingkat kepanasan minyak
Apabila akan menggoreng sesuatu namun belum yakin apakah minyak sudah panas atau belum. Beras mentah dapat digunakan untuk mengetes kepanasan minyak.
Caranya, tinggal memasukkan beberapa butir beras mentah ke dalam minyak. Minyak telah siap digunakan apabila beras telah mengambang dan tergoreng dipermukaan.

4. Membantu menyelamatkan benda elektronik
Apakah ponsel, tablet maupun benda elektronik kecil pernah basah terkena air? Jangan panik! kerabat karsa dapat memanfaatkan beras mentah untuk menyelamatkan benda elektronik yang basah dikarenakan beras memiliki kemampuan menyerap kelambapan yang cukup ampuh.

5. Masker Wajah
Masker wajah dapat memperkecil pori, memutihkan kulit, mengatasi jerawat, mengencangkann kulit, anti penuaan dini, menghilangkan flek hitam serta menghaluskan kulit.
Caranya mudah, rendam beras yang telah dicuci bersih sebanyak 3 kali selama semalaman. Ohya, ketika pencucian, saring airnya agar kotoran benar-benar hilang. Setelah direndam semalaman, tumbuk beras hingga halus dan jemur hingga benar-benar kering.

6. Mempercepat pematangan buah
Barangkali teman pernah membeli buah namun ternyata belum siap makan karena belum begitu masak? Jangan khawatir! Beras mentah dapat digunakan untuk mempercepat pematangan buah.
Caranya mudah, buah yang belum begitu matang tadi dimasukkan ke dalam wadah berisi beras kemudian selalu cek untuk mengetahui apakah buah sudah cukup matang atau belum.

7. Membantu mengendurkan otot yang sakit
Membantu mengendurkan otot yang sakit. Apabila kaki terasa nyeri akibat aktivitas seharian maupun cedera,
Caranya mudah, cukup isi kaos kaki bersih dengan beras secukupnya. Setelah itu, ikat ujung kaos kaki dengan tali dan masukkan kaos kaki berisi beras tadi ke dalam microwave selama satu menit atau lebih. Silahkan gunakan kaos kaki yang berisi beras hangat tadi untuk mengompres kaki yang terasa nyeri.
Kalau tidak ada microwave, bisa mengsangrai beras agar terasa panas namun tidak boleh terlalu lama sebelum dimasukkan ke dalam kaos kaki. Bagaimana? Mudah kan?

Artikel Terkait

TUJUH MANFAAT LAIN DARI BERAS
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email